Khalifah Syihabuddin, Ulama Banjar Yang Menjadi Gurunya Syekh Nawawi al-Bantani | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 06 Januari 2022

Khalifah Syihabuddin, Ulama Banjar Yang Menjadi Gurunya Syekh Nawawi al-Bantani

Siapa yang tak mengenal Syekh Nawawi Al-Bantani? Beliau adalah salah satu ulama Nusantara paling terkemuka dizamannya.

Namun kealiman beliau ternyata tak lepas dari didikan seorang ulama Kalimantan Selatan, yaitu Khalifah H. Syihabuddin.

Siapa Khalifah Syihabuddin? Khalifah H. Syihabuddin adalah salah satu anak dari Datu Kalampayan (Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari) dan Tuan Bidur. Beliau termasuk banyak mewarisi ilmu dari Datu Kalampayan hingga memiliki banyak murid dari tokoh tokoh besar. Salah satu nya adalah Syekh Nawawi Al-Bantani.

Lebih tepat nya, Syekh Nawawi Al Bantani menerima baiat dan ijazah tarekat Sammaniyah dari Khalifah Syihabuddin. Lalu Syekh Nawawi Banten mengijazahkannya lagi kepada Syekh Zainuddin As Sumbawi.

Khalifah Syihabuddin mendapat izin membaian dan mengijazahkan tarekat Sammaniyah dari orang tua beliau sendiri, Datuk Kalampayan (Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari). Datuk Kalampayan mendapat ijazah dari Syekh Muhammad bin Abdul Karim As-sammany Al-Madani saat menimba ilmu di tanah suci Makkah.

Selain Syekh Nawawi al-Bantani, Sultan Adam Al Watsiq Billah juga adalah murid dari Khalifah Syihabuddin. Sultan Adam adalah Sultan ke 12 di Kesultanan Banjar.

Sumber : buku "Datu Datu Terkenal Kalimantan Selatan". Terbitan "Sahabat" Mitra Pengetahuan 2013. Sub judul "Datu Abbas", halaman 144

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner